Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 11 Maret 2016

Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Jangka Panjang dan Pendek

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Jangka Panjang dan Pendek - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar mengenai Contoh Pembangunan Nasional. Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025, mewujudkan masyarakat yang berahklak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab. Terciptanya kondisi masyarakat yang berakhlak mulia, bermoral, dan beretika sangat penting bagi terciptanya suasana kehidupan masyarakat yang  penuh toleransi, tenggang rasa, dan harmonis.  Di samping itu, kesadaran akan budaya memberikan arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan menciptakan iklim kondusif dan harmonis.

Sehingga nilai-nilai kearifan lokal akan mampu merespon modernisasi secara positif dan produktif sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan. Mewujudkan Indonesia menjadi Negara kepulauan yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan Kepentingan Nasional. Pembangunan kelautan pada masa yang akan datang diarahkan pada pola pembangunan berkelanjutan berdasarkan pengelolaan sumber daya laut berbasiskan ekosistem, yang meliputi aspek-aspek sumber daya manusia dan kelembagaan, politik, ekonomi, lingkungan hidup, sosial budaya, pertahanan keamanan, dan teknologi.
Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Jangka Panjang dan Pendek

Berikut Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Hankam, Jangka Panjang dan Pendek :

1. Contoh Pembangunan Nasional  Aspek Ideologi

Menolak ideologi yg bertentangan dengan ideologi negara Indonesia yaitu pancasila, maka kita tidak boleh goyah dan tetap mempertahankan ideologi kita

2. Contoh Pembangunan Nasional Bidang Politik

Kita tidak boleh menjalankan/bekerja sama dengan negara lain, yang dimana bisa merugikan negara kita. kita harus tetap menjalankan politik bangsa kita bangsa Indonesia yaitu politik bebas aktif yang berdasarkan Pancasila.

3. Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi

Yaitu dengan cara membeli produk dalam negeri, dan meningkatkan produk dalam negeri agar tidak kalah saing dengan produk luar negeri.

4. Contoh Pembangunan Nasional Bidang Sosial Budaya

Yaitu tidak boleh mudah terpengaruh dengan budaya asing yang negatif, misalnya bidaya minum minum-minuman keras.,dll

5. Contoh Pembangunan Nasional Bidang Hankam

Contohnya seperti yang terjadi di Irak, palestina setiap negara harus mempertahankan daerahnya masing-masing dari pihak-pihak yang ingin merebut kebebasan negara tsb.

6. Contoh Pembangunan Nasional Jangka Panjang

Contohnya itu pembangunan bangunan/jalan yang ditargetkan selesai dalam waktu 20 tahun

Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai sebuah negara yang besar, tentu harus memiliki sebuah perencanaan yang matang mengenai pembangunan, agar tujuan dan cita-cita bersama dapat dicapai. Oleh karena itu, disusunlah suatu dokumen berupa rencana jangka panjang yaitu Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJP).

Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Jangka Panjang dan Pendek. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan Hakikat Pembangunan Nasional Indonesia. semoga dapat bermanfaat

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Pembangunan Nasional Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Jangka Panjang dan Pendek

0 komentar: