Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 11 Maret 2016

Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Pembangunan Nasional Indonesia

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Pembangunan Nasional Indonesia - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Faktor Dominan Pembangunan Nasional. Pengembangan kemampuan Iptek menjadi salah satu faktor dominan bagi negara manapun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kemakmuran rakyat, serta melindungi kepentingan dan kedaulatan negara. Terlebih lagi dengan laju perkembangan Iptek yang terus meningkat dengan kecepatan semakin tinggi, maka tiada pilihan lain bagi setiap negara kecuali berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Bila dicermati dengan sungguh-sungguh, setidaknya ada tiga kemungkinan kejadian yang tidak menguntungkan bagi negara manapun yang tidak dapat mengembangkan kemampuan Ipteknya, yaitu: Pertama secara relatif maupun absolut mengalami ketinggalan dalam hal tingkat kecerdasan bangsa, kemakmuran rakyat, dan perlindungan terhadap kepentingan serta kedaulatannya.
Faktor Dominan Pembangunan Nasional Indonesia Beserta Contohnya
Kedua dengan posisi ketertinggalan tersebut, maka kemampuan untuk memanfaatkan peluang dan menjawab tantangan dalam hubungan antar bangsa menjadi rendah. Ketiga dalam kondisi inferioritas seperti itu, maka semakin jauh kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dan nilai tambah dari setiap upaya yang dilakukannya.Dengan demikian jelas bahwa pengembangan kemampuan Iptek menjadi kepentingan yang bersifat strategik bagi semua negara untuk dapat mencapai kemajuan dan perkembangan sesuai harapan.

Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan dalam upaya melakukan perubahan dan perbaikan disegala bidang. Perubahan dan perbaikan itu menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Faktor dominan adalah segala sesuatu yang harus diperhatikan dalam penyelenggaraan pembangunan agar memperlancar pencapaian sasaran pembangunan nasional, meliputi:
  1. Kependudukan dan sosial budaya, termasuk pergeseran nilai dan perkembangan aspirasi rakyat yang dinamis.
  2. Wilayah yang bercirikan kepulauan dan kelautan dengan lingkungan dan alam tropiknya.
  3. Sumber daya alam yang beraneka ragam dan tidak merata penyebarannya, termasuk flora dan fauna.
  4. Kualitas manusia Indonesia dan masyarakat Indonesia dan penguasaannya terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Disiplin nasional yang merupakan perwujudan kepatuhan dan ketaatan kepada hukum dan norma- norma yang berlaku dalam masyarakat.
  6. Manajemen nasional sebagai mekanisme penyeleng garaan negara dan pemerintahan
  7. Perkembangan regional dan global serta tatanan internasional yang selalu berubah secara dinamis.
  8. Kemungkinan pengembangan.
Dalam menggerakkan dan memanfaatkan modal dasar pembangunan untuk mencapai tujuan Pembangunan Nasional dengan landasan-landasan serta asas-asas di atas, perlu diperhatikan Faktor Dominan Pembangunan Nasional sebagai berikut :
  1. Faktor demografi, dan sosial budaya;
  2. Faktor geografi, hidrografi, geologi dan topografi;
  3. Faktor klimatologi;
  4. Faktor flora dan fauna;
  5. Faktor kemungkinan pengambangan.
Itulah pembahasan kami mengenai Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Pembangunan Nasional Indonesia. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Matlamat Dasar Pembangunan Nasional Malaysia 1991. semoga dapat bermanfaat 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Pembangunan Nasional Indonesia

0 komentar: