Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Jumat, 20 Mei 2016

Contoh Rangkaian Gerakan Senam Irama Tanpa Alat

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Contoh Rangkaian Gerakan Senam Irama Tanpa Alat - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Contoh Gerakan Senam Irama. Senam irama merupakan bentuk-bentuk gerakan senam yang diikuti dengan irama. Irama yang mengiringi berupa musik, tepukan tangan, hitungan, atau ketukan yang diberikan oleh pemberi aba-aba. Tekanan dalam senam irama ada pada irama, fleksibilitas, kontinuitas gerak, dan irama pengiringnya. Keempat hal tersebut dapat dukungan dengan melakukan latihan-latihan senam irama secara teratur dan disiplin.

Latihan senam irama yang baik dilakukan secara bersama-sama sehingga akan terlihat gerakan yang kompak dan serasi. Latihan-latihan pada tahap awal berupa teknik-teknik dasar senam irama. Gerakan Senam Irama antara lain gerak langkah kaki, ayunan tangan, serta kombinasi gerak langkah kaki dan ayunan tangan.Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut ini. Lakukan gerakan-gerakan jalan di tempat kemudian melangkah ke samping, ke depan, ke belakang, dan serong berulang-ulang hingga tercipta koordinasi gerak yang baik.

1. Rangkaian Gerakan Langkah ke Samping Kedua Tangan Diayun ke Samping

Gerakan Senam Irama Tanpa Alat

A. Sikap awal

  1. Berdiri dengan berat badan pada kaki kanan.
  2. Kaki kiri lemas di samping kiri.
  3. Kedua tangan lurus dan lemas ke samping kanan.
  4. Pandangan ke arah kanan.

B. Gerakan

  1. Hitungan 1 – 2, Pindahkan berat badan ke kaki kiri bersamaan dengan kedua tangan diayunkan ke samping kiri melalui depan bawah badan lurus dan lemas. Kaki kanan dilangkahkan menyilang ke samping kiri.
  2. Hitungan 3 – 4, lakukan kebalikan dari hitungan 1 – 2 yaitu ke arah kanan.
  3. Ulangi gerakan dengan irama 3 / 4 atau 4/4.

2. Rangkaian Gerakan Tangan dan Badan


Contoh Rangkaian Gerakan Senam Irama Tanpa Alat

A. Sikap awal

Berdiri tegak dengan berat badan pada kaki kanan, kedua tangan lurus ke samping kanan.

B. Gerakan

  1. Hitungan 1, sambil mengayunkan kedua tangan dari samping kanan ke samping kiri, badan menghadap ke kiri, kedua tangan lurus ke depan.
  2. Hitungan 2 dan 6, sambil mengayunkan kedua tangan dari depan ke belakang lurus dan lemas, badan dibungkukkan, kepala menunduk, kedua lutut ditekuk, tumit diangkat.
  3. Hitungan 3 dan 7, ayunkan kembali kedua tangan dari belakang lurus ke depan, sambil badan dan kedua kaki diluruskan.
  4. Hitungan 4 dan 8, sambil melentingkan badan ke belakang, tarik kedua tangan ke arah kepala atas muka dengan siku dibengkokkan ke samping.
  5. Hitungan 5, sambil mendorong pinggang dan pinggul atau badan ke depan atas, kedua telapak tangan didorong ke depan hingga kedua tangan lurus.
  6. Ulangi gerakan dari hitungan 1 – 8 dengan irama ¾.
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Rangkaian Gerakan Senam Irama Tanpa Alat. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan Ciri-Ciri Utama Gerakan Senam Irama. semoga dapat bermanfaat

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Rangkaian Gerakan Senam Irama Tanpa Alat

0 komentar: