Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Sabtu, 01 Oktober 2016

Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Batas Batas Wilayah Negara Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang sepanjang 3.977 mil. Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan sehingga Indonesia disebut juga negara maritim dan juga poros maritim dunia. Indonesia juga dianggap memiliki wilayah strategis karena diapit oleh beberapa negara dan juga antara dua benua besar di dunia.

Setiap wilayah di belahan bumi ini, pasti memiliki apa yang dinamakan dengan batas. Mulai dari contoh yang paling kecil, seperti rumah. Rumah milik kalian pasti memiliki batas-batasnya, sama halnya dengan tanah atau bahkan dengan sekolah atau universitas, pasti memiliki batas. Seperti halnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tercinta ini, pasti juga memiliki batas.
Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis
Peran dari batas ini secara pribadi memang sangat penting. Gunanya ialah untuk menandai bahwa wilayah tersebut memang benar-benar secara sah milik kita, sehingga tidak akan timbulnya tertukar antara wilayah yang satu dengan yang lain.

Sedangkan bentuk tersendiri dari batas wilayah itu sangatlah beragam atau bermacam-macam. Ada yang menandainya dengan sungai, laut, hutan atau bahkan hanya berupa tugu saja yang memang berfungsi jika wilayah tersebut berbatasan langsung dengan wilayah yang lain. Stategisnya wilayah Indonesia tersebut akan dijelaskan melalui penjelasan mengenai batas-batas wilayah Indonesia berikut.

1. Batas Sebelah Utara

Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia (sepanjang 1.782 km), tepatnya di wilayah Pulau Kalimantan. Untuk wilayah laut, Indonesia berbatasan dengan negara Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

2. Batas Sebelah Selatan

Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, sedangkan untuk wilayah maritim, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia dan Samudera Hindia

3. Batas Sebelah Barat

Indonesia bagian barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

4.Batas Sebelah Timur

Indonesia bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini (sepanjang 820 km) dan Samudera Pasifik.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa Indonesia berada di antara Benua Asia dan Benua Australia serta berbatasan dengan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik sehingga Indonesia berada pada jalur lalu lintas dunia, baik jalur laut, darat, atau udara.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis

0 komentar: