Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 01 Oktober 2016

Sebutkan dan Jelaskan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

Advertisement

Advertisement
Baca Juga :
Sebutkan dan Jelaskan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Pengaruh Letak Astronomis Indonesia. Astronomi tata letak yaitu tata letak daerah berdasarkan koordinat garis lintang dan bujur. Garis imajiner lintang yang meluas dari Barat ke Timur sejajar khatulistiwa, sedangkan garis bujur imajiner yang membentang dari Utara ke Selatan. Garis lintang adalah garis khayal horizontal yang melingkari bumi, sedangkan garis bujur adalah garis khayal vertikal yang menghubungkan belahan bumi paling utara dan selatan. Garis lintang ini sejajar dengan garis equator atau yang dikenal dengan nama garis khatulistiwa.

Garis Lintang membentang mulai dari equator sampai ke wilayah kutub utara juga selatan. Garis lintang ini memberi pengaruh terhadap zona iklim suatu wilayah. Mereka yang letaknya berada di antara titik 23,27 o LU – 23,27 o LS dikenal dengan iklim tropis sebab pada titik tersebutlah matahari bersinar hampir sepanjang waktu. Wilayah tropis ini hanya memiliki dua musim yakni panas dan penghujan. Dilihat dari garis lintangnya, Indonesia masuk ke dalam kategori ini. Iklim lainnya adalah sub-tropis dengan 4 musim dan iklim kutub.
Sebutkan dan Jelaskan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia
Secara astronomis, Indonesia adalah 6° LU-11° LS dan 95° BT-141° BT. Seperti untuk berdasarkan bujur, Indonesia adalah di belahan timur, sedangkan berdasarkan lokasi latitude berada dalam belahan bumi selatan. Untuk rincian lebih lanjut berikut adalah tata letak wilayah bersama dengan Indonesia astronomi dihabiskan:
  1. Sempadan Utara 6° 08′ N kanan melewati pulau Weh di provinsi Nangroe Aceh Darussalam.
  2. batas selatan 11° 15′ LS melewati Rote Island di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  3. batas barat 95° 45′ E melewati pulau Beureueh di provinsi Nangroe Aceh Darussalam.
  4. batas timur 141° 05′ E BUJUR melewati sungai sungai terbang dan Merauke di provinsi Papua.

 Sedangkan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Membuat indonesia menjadi negara yang beriklim tropis
  • Relatif aman dari badai siklon tropis
  • Terbaginya 3 waktu di indonesia (WIB,WITA,WIT) 
Tata letak astronomi memiliki pengaruh pada dinamika kehidupan. Antara daerah-daerah tersebut adalah di zona iklim tropis serta seperti Indonesia ini dibagi menjadi tiga bidang waktu, yaitu Western Indonesia waktu (WIB) yang meliputi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah; Saat bagian tengah dari Indonesia (WITA) yang meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi; dan waktu Timur Maluku dan Papua wilayah Indonesia.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan dan Jelaskan Batas Batas Wilayah Negara Indonesia Berdasarkan Letak Geografis. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan Pengaruh Letak Astronomis Indonesia

0 komentar: