Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 01 Oktober 2016

Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi

Advertisement

Advertisement
Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi - Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi. Keberhasilan perekonomian suatu negara dapat diukur melalui berbagai indikator ekonomi. Salah satu indikator ekonomi tersebut adalah pendapatan nasional. Pendapatan nasional digunakan sebagai indikator untuk mengukur laju pembangunan dan perkembangan tingkat kesejahteraan suatu negara dari waktu ke waktu.

Tujuan dari perhitungan pendapatan nasional ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang tingkat ekonomi yang telah dicapai dan nilai output yang diproduksi, komposisi pembelanjaan agregat, sumbangan dari berbagai sektor perekonomian, serta tingkat kemakmuran yang dicapai. Menurut pendekatan produksi, pendapatan nasional dihitung berdasarkan jumlah nilai barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan dari masing-masing sektor ekonomi pada periode tertentu.
Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi

Rumus untuk menghitung pendapatan nasional melalui pendekatan produksi yaitu :

Y = (PXQ)1 + (PXQ)2 +.....(PXQ)n
Keterangan :
Y = Pendapatan Nasional
P = Harga Barang atau Jasa
Q = Kuantitas
Di Indonesia, ada sembilan sektor ekonomi (yang kemudian digolongkan menjadi tiga kelompok) yang dihitung, yaitu :

a. Sektor primer, yang terdiri dari :

  • Pertanian, peternkan, kehutanan, perikanan
  • Pertambangan dan penggalian

b. Sektor sekunder, yang terdiri dari :

  • Industri pengolahan
  • Listrik, air, dan gas
  • Bangunan

c. Sektor tersier, yang terdiri dari :

  • Perdagangan, hotel, dan restoran
  • Pengangkutan dan telkomunikasi
  • Keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan
  • Jasa lain-lain
Dalam penghitungan pendapatan nasional melalui pendekatan produksi, kemungkinan dilakukannya kesalahan, karena dalam penghitungannya kita menghitung nilai barang antara (intermediary goods) yang telah dihitung pada proses produksi sebelumnya. Kesalahan ini disebut dengan perhitungan ganda (double counting). Untuk menghindari kesalahan tersebut, maka digunakan dua cara penghitungan, yaitu menghitunng nilai barang akhir ataupun menghitung total nilai tambahnya (added value).

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Mengapa Pada Waktu Dihitung Amal Manusia, Tidak Ada Seorang Pun Yang Dapat Menipu ?. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan Sektor Ekonomi Yang Dihitung Dalam Pendekatan Produksi

0 komentar: