Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Rabu, 07 Desember 2016

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Contoh Demokrasi Pancasila. Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Begitulah pemahaman yang paling sederhana tentang demokrasi, yang diketahui oleh hampir semua orang. Konsep demokrasi menjadi sebuah kata kunci tersendiri dalam bidang ilmu politik. Hal ini menjadi wajar, sebab demokrasi saat ini disebut-sebut sebagai indikator perkembangan politik suatu negara. Berbicara mengenai demokrasi adalah memperbincangkan tentang kekuasaan, atau lebih tepatnya pengelolaan kekuasaan secara beradab. Itu merupakan sistem manajemen kekuasaan yang dilandasi oleh nilai-nilai dan etika serta peradaban yang menghargai martabat manusia.
Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara
Pelaku utama demokrasi adalah kita semua, setiap orang yang selama ini selalu diatas namakan namun tak pernah ikut menentukan. Menjaga proses demokratisasi adalah memahami secara benar hak-hak yang kita miliki, menjaga hak-hak itu agar siapapun menghormatinya, melawan siapapun yang berusaha melanggar hak-hak itu. Demokrasi pada dasarnya adalah aturan orang (people rule), dan di dalam sistem politik yang demokratis warga mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur pemerintahan di dunia publik. Di Indonesia, pergerakan nasional juga mencita-citakan pembentukan negara demokrasi yang berwatak anti-feodalisme dan anti-imperialisme, dengan tujuan membentuk masyarakat sosialis. Berikut Contoh Demokrasi Pancasila dalam kehidupan sehari hari yang bisa kamu simak.

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Keluarga adalah:

  • Orang tua besikap lebih luwes terhdap anak
  • Adanya pembagian tugas dan wewenang dalam keluarga.
  • Mengembangkan sikap saling menghormati dan saling asih antar anggota keluarga
  • Mengembangkan sikap yang terbuka untuk melancarkan komunikasi antar anggota keluarga.

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Sekolah adalah:

  • Dalam proses belajar dapat dilakukan tanya jawab dan diskusi dalam kelompok
  • Pemilihan ketua OSIS
  • Musyawarah kelas dalam rangka menyusun jadwal piket kelas.

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Masyarakat adalah:

  • Pemilihan pemimpin masyarakat misalnya pemilihan RT, RW, Kepala desa
  • Menyusun program pembangunan masyarakat yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Lingkungan Nernegara adalah:

  • Pemilu untuk memilih wakil rakyat dan presiden/ wakil presiden
  • Rakyat menyampaikan aspirasi pada wakil rakyat
  • Rakyat mengawasi pemerintah yang dapat melalui  berbagai kebijakan/ perundangan dan dikaji bagai mana pelaksanaannya.
  • Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Apa Saja Landasan Hukum Demokrasi Pancasila Di Indonesia. semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara

0 komentar: