Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.

Sabtu, 10 Desember 2016

Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Poleksosbudhankam

Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Poleksosbudhankam - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan. Agar pembanguan nasional dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan sesuai dengan visi dan misinya sehingga terwujud tujuan nasional maka pembangunan harus dilaksanakan berdasarkan dasar negara dan ideologi serta pandangan hidup bangsa dan negara pancasila. Dengan kata lain pancasila harus dijadikan sebagai paradigma pembangunan sehingga terwujud masyarakat yang adil dan makmur serta maju tetapi berkepribadian Indonesia. Paradigma Pembangunan adalah model/pola yang merupakan sistem berpikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan guna mewujudkan cita-cita kehidupan masyarakat menuju hari esok yang lebih baik.
Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Poleksosbudhankam
Pancasila sebagai paradigma, artinya nilai-nilai dasar pancasila secara normatif menjadi dasar, kerangka acuan serta tolak ukur segenap aspek pembangunan nasional yang dijalankan di Indonesia. Hal ini sebagai pengakuan dan penerimaan dari bangsa Indonesia yang telah menjadikan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional. Sesuai dengan kenyataan objektif  bahwa Pancasila adalah dasar negara Indonesia, sedangkan negara merupakan organisasi atau persekutuan hidup manusia maka memang seharusnya apabila pancasila menjadi landasan dan tolak ukur penyelenggaraan bernegara termasuk dalam melaksanakan pembangunan. Nah berikut ini Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan silahkan disimak :
  1. Contoh pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang politik adalah pemilu yang luber.
  2. Contoh pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang ekonomi adalah adanya koperasi
  3. Contoh pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang sosial adalah dibangun rumah-rumah zakat & sejenisnya
  4. Contoh pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang budaya adalah melestarikan budaya setempat
  5. Contoh pancasila sebagai paradigma pembangunan di bidang pertahanan dan keamanan adalah hankamnasrata.
Itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Poleksosbudhankam. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Makna Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Nasional, Politik, Iptek, Ekonomi, Sosial Budaya, Hukum. semoga dapat bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Poleksosbudhankam

0 komentar: