Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Rabu, 07 Desember 2016

Sebutkan 2 dan 7 Asas Demokrasi Pancasila Yang Telah Dilaksanakan

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Sebutkan 2 dan 7 Asas Demokrasi Pancasila Yang Telah Dilaksanakan - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Asas Demokrasi Pancasila. Demokrasi menempati posisi vital dalam kaitannya pembagian kekuasaan dalam suatu negara dengan kekuasaan negara yang diperoleh dari rakyat juga harus digunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Prinsip semacam ini menjadi sangat penting untuk diperhitungkan ketika fakta-fakta sejarah mencatat kekuasaan pemerintah (eksekutif) yang begitu besar ternyata tidak mampu untuk membentuk masyarakat yang adil dan beradab, bahkan kekuasaan absolut pemerintah seringkali menimbulkan pelanggaran terhadap hak-hak asasi manusia.

Demikian pula kekuasaan berlebihan di lembaga negara yang lain, misalnya kekuasaan berlebihan dari lembaga legislatif menentukan sendiri anggaran untuk gaji dan tunjangan anggota-anggotanya tanpa memperdulikan aspirasi rakyat, tidak akan membawa kebaikan untuk rakyat. Intinya, setiap lembaga negara bukan saja harus akuntabel (accountable), tetapi harus ada mekanisme formal yang mewujudkan akuntibilitas dari setiap lembaga negara dan mekanisme ini mampu secara operasional (bukan hanya secara teori) membatasi kekuasaan lembaga negara tersebut.
Sebutkan 2 dan 7 Asas Demokrasi Pancasila Yang Telah Dilaksanakan

Asas dalam sistem demokrasi pancasila ada dua yaitu:

1. Asas kerakyatan

Merupakan asas kesadaran akan cinta kepada rakyat, manunggal dengan nasib dan cita-cita rakyat, serta berjiwa kerakyatan atau menghayati kesadaran senasib dan secita-cita dengan rakyat.

2. Asas musyawarah untuk mufakat

Merupakan asas yang memperhatikan aspirasi dan kehendak seluruh rakyat yang jumlahnya banyak dan melalui forum permusyawaratan dalam rangka pembahasan untuk menyatukan pendapat bersama serta mencapai kesepakatan bersama.
Azas dari demokrasi Pancasila yang dilaksanakan dalam upaya mewujudkan Good Governance adalah keseimbangan hak dan kewajiban.
Keadilan sosial dalam good governance (kebijakan pemerintah yang baik) terimplementasi dalam stabilitas nasional yang sehat dan dinamis 

7 Asas Demokrasi Pancasila Yaitu

  1. kedaulatan rakyat
  2. kekuatan mayoritas
  3. Hak hak minoritas
  4. jaminan hak asasi manusia
  5. pemilihan bebas dan jujur
  6. persamaan di depan hukum dan proses hukum yang wajar 
  7. Nilai nilai toleransi, pragmatisme, kerja sama, dan mufakat
Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan 2 dan 7 Asas Demokrasi Pancasila Yang Telah Dilaksanakan. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan 2 dan 7 Asas Demokrasi Pancasila Yang Telah Dilaksanakan

0 komentar: