Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Sabtu, 10 Desember 2016

Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup - Pada kesempatan yang sangat baik ini kita semua akan belajar tentang Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup. Pancasila yang terdiri dari dua kata yaitu panca dan lima yang berarti lima asas atau lima dasar adalah ideologi dasar bagi bangsa indonesia ini. Dan sebagai ideologi bagi negara indonesia maka pancasila memiliki beberapa fungsi dan kedudukan pancasila. Pancasila memiliki sejarah yang panjang dalam kehidupan bangsa indonesia. Hingga bahkan ada yang pernah ingin mencoba untuk merubah ideologi pancasila ini. Untuk lebih memahami mengenai pancasila ini, maka akan kami jabarkan secara lebih lanjut mengenai fungsi dan ciri-ciri ideologi tertutup dan terbuka dari pancasila tersebut.
Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Ideologi terbuka adalah jenis ideologi yang merupakan cita-cita bersama dari masyarakat suatu negara. Sebelum menelusuri lebih lanjut mengenai pancasila sebagai ideologi terbuka, berikut ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri dari ideologi terbuka.
  1. Tidak tertutup dari kemajemukan masyarakat yang menuntut terjadinya penyesuaian ideologi dengan cira-cita masyarakat.
  2. Merupakan ideologi yang dihimpun dari berbagai keinginan dan cita-cita masyarakat terhadap negaranya.
  3. Tidak mengekang masyarakat dengan keinginan dari suatu golongan atau kelompok, melainkan bersama-sama menempuh tujuan bersama dari negara.
  4. Tidak mudah berubah oleh perubahan, namun disesuaikan dengan perubahan tersebut.
Dengan begitu, kini kita dapat meninjau kembali keadaan Pancasila yang memenuhi syarat-syarat disebut sebagai ideologi terbuka. Berikut ini adalah nilai-nilai Pancasila yang memenuhi ideologi terbuka.
  1. Nilai dasar; nilai dasar dari Pancasila terdapat dalam pembukaan UUD 1945 bahwa ideologi Pancasila tidak akan berubah sebagai pedoman hidup masyarakatnya.
  2. Nilai instrumen; nilai instrumen adalah penjabaran nilai dasar yang dinamis dan kreatif untuk menyesuaikan kehidupan masyarakat dengan kemajuan kehidupan global.
  3. Nilai praktis; nilai praktis ini adalah nilai yang dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa. Nilai praktis ini bersifat abstrak untuk saling menghargai dan bekerjasama antar masyarakat.
Selain itu, berikut akan dijabarkan beberapa ciri-ciri Pancasila dijadikan sebagai ideologi terbuka; antara lain karena Pancasila memiliki tujuan dan cita-cita yang berasal dari masyarakat Indonesia dan memiliki tanggung jawab yang disesuaikan dalam nilai-nilai yang tertanam dalam budaya masyarakat Indonesia.

Jadi, fungsi pancasila sebagai Ideologi Terbuka adalah bahwa nilai dan cita cita yang ada di dalam pancasila tidak dipaksakan dari luar, melainkan diambil dari kekayaan moral, rohani dan budaya masyarakat indonesia.

Pancasila Sebagai Ideologi Tertutup

Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. Ciri-ciri ideologi tertutup, adalah:
  1. Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat, melainkan cita-cita sebuah kelompok yang digunakan sebagai dasar untuk mengubah masyarakat;
  2. Apabila kelompok tersebut berhasil menguasai Negara, ideologinya itu akan dipaksakan pada masyarakat. Nilai-nilai, norma-norma, dan berbagai segi kehidupan masyarakat akan diubah sesuai dengan ideologi tersebut;
  3. Bersifat totaliter, artinya mencakup/ mengurusi semua bidang kehidupan. Karena itu, ideologi tertutup ini cenderung cepat-cepat berusaha menguasai bidang informasi dan pendidikan; sebab, kedua bidang tersebut merupakan sarana efektif untuk mempengaruhi perilaku masyarakat;
  4. Pluralisme pandagan dan kebudayaan ditiadakan, hak asasi tidak dihormati;
  5. Menuntut masyarakat untuk memiliki kesetiaan total dan kesediaan untuk berkorban bagi ideologi tersebut.
  6. Isi ideologi tidak hanya nilai-nilai dan cita-cita, tetapi tuntutab-tuntutan konkret dan operasional yang keras, mutlak, dan total.
Jadi, fungsi pancasila sebagai Ideologi Terbuka adalah bahwa nilai dan cita cita yang ada di dalam pancasila tidak dipaksakan dari luar, melainkan diambil dari kekayaan moral, rohani dan budaya masyarakat indonesia.

Itulah pembahasan kami mengenai Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Sebutkan Butir Butir Pancasila Beserta Contohnya. semoga dapat bermanfaat. 

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebutkan dan Jelaskan Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Tertutup

0 komentar: