Blog pendidikan yang berisi tentang semua hal yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, tuliskan pertanyaan yang anda ingin tanyakan, maka kami akan siap sedia menjawab semua pertanyaan anda.


Mau Dapat Pulsa Gratis Tiap Minggu? Langsung Saja Download Aplikasinya Disini
Rabu, 07 Desember 2016

Tujuan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru

Advertisement
Mau Pulsa Gratis Buat Beli Kuota Internet? Oke Langsung Saja Download Aplikasinya Disini

Advertisement
Tujuan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru - Pada kesempatan yang baik ini kita akan belajar tentang Tujuan Demokrasi Pancasila. Demokrasi secara umum menegaskan bahwa persoalan demokrasi di Indonesia selalu hangat di bicarakan, bahkan jauh sebelum Indonesia medeka. Persoslan demokrasi bukan saja pada pengakuan formal semata sebagai sistem politik yang dianut bangsa kita, melainkan perlunya bahasa yang sama dalm memahami hakikat demokrasi itu dan cara operasionalnya dalam sistem ketatanegaraan kita. Dalm perspektif sejarah, demokrasi di Indonesia telah tampil dengan wajah dan sebutan yang berbeda-beda dalam kurun waktu tertentu seperti demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, demokrasi pancasila, dan kemungkinan sebutan lainnya.begitu juga demokrasi sangat terkait dengan masalah pembangunan baik politik maupun ekonomi.
Tujuan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru

Tujuan Demokrasi Pancasila

Tujuan Demokrasi Pancasila adalah untuk menetapkan bagaimana bangsa Indonesia mengatur hidup dan sikap berdemokrasi seharusnya. Dan menjadikan semua teratur tanpa terjadi hal–hal yang melewati batas norma kesopanan. Jadi jelas bahwa pendidikan Pancasila selalu diajarkan di setiap tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK agar kita menjadi manusia yang demokrasi yang selalu menghargai pemdapat orang lain, tenggang rasa dan bertanggung jawab dalam menjadi warga negara yang baik.

Mengenai tujuan bangsa Indonesia telah dirumuskan dalam pembukaan UUD 1945,”…..untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteran umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial… dan seterusnya, dengan berdasarkan kepada pancasila.
Sehingga tujuan melaksanakan demokrasi di Negara Indonesia adalah menciptakan suatu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila.

Demokrasi Pancasila Pasca Orde Baru

Periode Pasca Orde Baru seing disebut dengan Era reformasi. Periode ini erat hub-nganya dengan gerakan reformasi rakyat yang menuntut pelaksanaan demokrasi dan HAM secara konsekuen. Tuntutan ditandai oleh lengsernya Presiden soeharto dari tampuk kekuasaan orde baru pada Mei 1998, setelah lebih dari 30 tahun berkuasa dengan demokrasi pancasilanya. Penyelewengan atas dasar Negara pancasila oleh penguasa orde baru berdampak pada sikap antipati sebagian masyarakat terhadap dasar Negara tesebut.

Untuk mempertahankan serta memperlancar proses domokrasi diperlukan 6 kondisi agar demokrasi dapat berkembang diantaranya adalah :

  1. Penguatan struktur ekonomi yang berbasis keadilan
  2. Tersedianna kebutuhan-kebutuhan dasar bagi kepentingan Survive masyarakat
  3. Kemapanan kesatuan dan identitas nasional
  4. Pengetahuan yang luas, pendidikan kedewasaan, sikap toleransi dan rasa tanggung jawab kolektif masyarkat
  5. Rezim yang terbuka dan bertanggung jawab
  6. Pengakuan yang berkelanjutan dari negara demokratis terhadap praktik demokrasi 
Itulah pembahasan kami mengenai Tujuan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru. Penulis menyadari terdapat banyak kekurangan dalam penjelasan diatas, untuk itu komentar dalam bentuk kritik, saran atau masukan sangat penulis harapkan demi kemajuan tulisan ini, baca juga tulisan kami sebelumnya yang membahas tentang Contoh Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Negara.. semoga dapat bermanfaat.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tujuan Demokrasi Pancasila Pada Masa Orde Baru

0 komentar: